06 Oktober 2022

06 Oktober 2022

Perkataan Yesus yang membingungkan, "Orang kaya lebih sulit masuk Surga daripada masuk lubang jarum". Yesus mengatakan peribahasa, yang menggambarkan suatu yang mustahil. Bagi manusia memang mustahil, tapi bagi Allah sanggup. Apakah di Surga hanya orang miskin? Ternyata bukan itu juga maksudnya, Orang kaya itu lebih mencintai hartanya daripada mencintai Tuhan. Orang yang mencintai Tuhan lebih dari apapun lah yang bisa masuk ke Surga.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8

"Kekayaan"

Kekayaan membuat hati kita terikat. Akan tetapi sesungguhnya orang bisa tetap mempunyai kekayaan dan masik Surga juga, yaitu mereka yang sadar segala yang mereka miliki sesungguhya adalah milik dari Tuhan semata.

Yakobus 5:1-6 (TB)

1 Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu!  2 Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat!  3 Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir. 4 Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu. 5 Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti pada hari penyembelihan. 6 Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu. 

Orang Kaya masuk Surga atau tidak? Status sosial tidak menentukan masuk Surga atau tidak. 

Perhatikan hal di bawah ini:

1. Orang kaya tapi kalau hatinya miskin, itu bisa masuk Surga. 

Pada khotbah di bukit, khususnya dalam Matius 5:3, Yesus menegaskan bahwa "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya kerajaan Surga". 

Ia berkata, kekayaan ku ini punyanya Tuhan, bukan milikku, jadi ini tidak akan aku pakai untuk kepentingan diriku sendiri. Kehebatan dan kemampuan juga kekayaan. Talenta itu juga kekayaan.

Orang yang rendah hati lah yang bisa mendekat kepada Allah. Dengan mendekat kepada Allah maka kita bisa memahami kehendak Allah. Orang yang menjalankan segala kehendak Allah lah yang bisa masuk ke dalam Kerajaan Surga.

2. Kalau orang kaya bertobat dan menjadi murid Kristus

Di bawah kolong langit ini tidak ada orang yang diselamatkan kecuali yang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Orang kaya yang menyerahkan semua kekayaannya kepada Tuhan, mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, maka ia punya rumah di Surga.

3. Mau senantiasa berbagi

Orang kaya yang menahan upah dari buruh yang bekerja di ladang, menyakiti hati Tuhan. Orang kaya yang bermurah hati akan menjadi orang yang disukai Tuhan. Orang yang mengasihi sesamanya dikasihi Tuhan juga.

4. Mau senantiasa berjalan di dalam Kasih Kristus

Berjalan dengan minta diberkati sepanjang jalan. Segala berkat yang diterima akan dipakai untuk kemuliaan Allah. Berkat Tuhan yang kita Bagikan akan menghindarkan diri dari egoisme dan kikir. Orang Kristen itu cirinya adalah membagikan berkat yang ada padanya kepada sesama.

Amin.


0 comments:

Posting Komentar