18 Oktober 2022

18 Oktober 2022

Who am I in Christ?


Hidup Kristen memiliki kepastian tentang diri kita. Apa maksudnya? Dunia ini membuat orang tidak mengenal diri sendiri. Kita jadi tidak hidup benar. Jadi benalu. Minder, atau sombong. 

Allah mau kita hidup mandiri, tidak bergantung apapun, siapapun. 
Mengapa hidup Kristen mandiri?
Kita bisa hidup dengan anugerah Allah, tidak bergantung terhadap orang lain. Tapi kita juga tidak boleh sombong, dan harus bergaul kepada orang lain.


Apa yang Tuhan katakan tentang kita:

1. Kita juga adalah warga Kerajaan Surga

Kita berhak mendapat penyertaan Malaikat Allah. Kita berhak menerima berkat Allah. Kita berhak memiliki masa depan yang jelas. 

2. Kita adalah umat pilihan Tuhan

Di tengah kelemahan dan kekurangan kita, Allah memilih kita. Kita tidak perlu gentar, kita diperlengkapi Allah. Setan tidak punya kuasa atas kita. Kalau kita sedang menghadapi masalah, kita jangan berkata setan menguasai kita, kita berkuasa atas setan.

3. Kita adalah Hamba Kristus

Kita memang mungkin jemaat biasa, tapi kita tetap hamba Kristus. Maukah kita setia dan taat menjadi hamba yang berkenan kepada Tuhan Yesus?

4. Kita adalah Anak-anak Allah yang dikasihi-Nya

Roh Allah bersaksi bahwa kita adalah anak-anak Allah, kita berhak menerima warisan Janji-janji Allah bagi kita yang tertulis dalam Alkitab. Kita dikasihi dan segala yang kita perlukan disediakan tepat pada waktunya.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 


Program Ke 

"Siapakah aku ini?"


Kita seringkali merasa kita orang biasa. Kita sesungguhnya adalah berharga di mata Allah.

Keluaran 3:6-12 (TB)

6 Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. 7 Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. 8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus. 9 Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. 10 Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir." 11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?" 12 Lalu firman-Nya: "Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini." 


Musa diutus Tuhan tapi merasa ia tidak layak bagi Tuhan. Allah mengutus Musa dengan segala keberadaannya. Allah bisa mengubah Musa menjadi seperti yang dikehendaki-Nya.
Iblis waktu mencoba Tuhan Yesus, "Jika engkau Anak Allah...". Inilah resep Iblis membuat manusia kehilangan percaya diri, atau ragu bahwa kita memang anak Allah.

Bagaimana sikap Kristen yang benar:


1. Tidak minder dan tidak sombong

Minder salah, Sombong salah. Rendah hati bukan rendah diri. Kita tahu kepada siapa kita percaya, kita tahu siapa yang kita sembah dan akan membela kita. Kristus mengangkat kita makanya jangan minder, tapi jangan takut karena ia menjaga.

2. Harus bekerja keras dan melayani lebih giat lagi

Jika kita sadar sudah ditebus dengan darah Kristus, makanya kita akan berkerja keras lebih dari pada yang lain, karena sadar diri. Kita tidak boleh main-main dalam hidup ini.

3. Selalu bersyukur dalam kehidupan ini

Mau ada badai atau angin ribut, kita tidak akan dipermalukan dan dikecewakan. Allah menjamin kita.

4. Hidup menjadi berkat

Kita bekerja bagi keluaran Kerajaan Allah, bukan diri sendiri. Kita menjadi orang yang mendapatkan berkat, tetapi itu harus disalurkan kepada orang lain juga.

Amin

0 comments:

Posting Komentar