23 Oktober 2022

23 Oktober 2022

Branching Out - "Purpose"

Kisah Para Rasul 20:17-28 (TB)
17 Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus. 18 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: "Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: 19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.
20 Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;
21 aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.
22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ 23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku.
24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah. 25 Dan sekarang aku tahu, bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberitakan Kerajaan Allah. 26 Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu, bahwa aku bersih, tidak bersalah terhadap siapa pun yang akan binasa. 27 Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu. 
28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Purpose Paulus: Ia hanya mau semua orang mengenal Kristus. 

Oleh karena Paulus mengerti Purpose nya, ia Persistence 

Kesaksian:

Dalam Pembangunan Katedral di London, Inggris, ada wartawan yang mewawancarai tiga orang pekerja yang sedang mengerjakan Katedral itu. "Apa tujuan kamu bekerja di sini?"
Jawaban:
1. Motong batu untuk 10cent/hari - pikirannya uang
2. Bekerja 10 jam per hari untuk pekerjaan ini - pembatasan waktu
3. Saya membantu Sir Christopher mengerjakan Catedhral terbesar di Inggris.

Renungan:

 Apa tujuan kita hidup di dunia ini?

  • Bekerja, cari uang, bisnis, sekolah, Sekolahkan anak, melayani suami, menganggur dsb.
  • Sadari lah banyak orang yang tidak punya tujuan hidup. Mengalir atau autopilot saja kah hidup kita?
  • Data statistik = 3% saja orang di dunia ini, punya tujuan dalam hidup ini.
  • Untuk orang percaya, apa tujuan hidup kita? Connect with God, work with God, Spread the Gospel.

1. Know your Purpose - Purpose for the Gospel 

Kis 20:22 - Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

Paulus tahu tujuan hidupnya, bahwa ia harus mengabarkan Injil & menyelesaikan tugas Allah sampai nyawa diambil-Nya.

Kesaksian:

Ludwig Ingwer Nommensen - ia menginjil di Sumatera Utara, awalnya juga ditentang. Ia tahu tujuan hidupnya. Ia mau berserah kepada Allah. Tidak peduli ditolak. Persistence. Hingga akhirnya ia berhasil menginjil suku Batak menjadi Kristen. Ia juga berhasil menerjemahkan Perjanjian Baru ke Bahasa Batak. Jika Nommensen menyerah, maka belum tentu suku Batak bisa mengenal Agama Kristen.

2. A Purpose for dying for - Tujuan hidup kita sesuatu yang kita perjuangkan mati-matian

Kita harus tahu tujuan kita dan harus perjuangkan itu hingga titik darah penghabisan.

Quote: "Hidup ini berharga untuk diperjuangkan sampai kita menemukan sesuatu yang layak diperjuangkan sampai titik darah penghabisan" Marthen Luther King.

Kis 17:28 - Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

3. Purpose for the Kindom - Tujuan Untuk Kerajaan Allah

Di saat kita mengabarkan kerajaan Allah, maka kita akan maju dengan keberanian percaya Allah memimpin kita dan memperlengkapi kita.

Pakailah Talenta yang ada pada kita, jangan bandingkan dengan talenta orang lain. Jika mau melayani Tuhan, jangan pikirkan kita punya apa, serahkan itu semua yang inginkan.

Amin

0 comments:

Posting Komentar