31 Oktober 2022

31 Oktober 2022

Apakah Engkau Mengasihi Aku?

Yohanes 21:15-19 (TB)

15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.

18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."

19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah  Aku."

Yesus bernubuat tentang bagaimana Petrus akan mati ketika tuanya. 

Ini adalah penampakan kali yang ketiga Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya, setelah kebangkitan. Petrus ditanya mengasihi Yesus, apa tidak mudah berbohong? Tapi ternyata memang  tidak Mudah menjawabnya.

Matius 10:37 (TB)  

37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 

Mengasihi Yesus lebih daripada apapun. Ini sulit dipahami. Mengasihi saudara harus, tapi tidak boleh lebih daripada mengasihi Tuhan Yesus.

Mengasihi Yesus lebih daripada segalanya di dunia ini. Petrus ditanya Yesus, ia mengasihi Nya, setelah itu diperintahkan untuk menggembalakan domba-domba-Nya. Ini perlu ditegaskan.

Matius 18:22 (TB)  

22 Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. 

Berapa kali harus mengampuni orang yang bersalah? Tujuh puluh kali tujuh kali. Apa artinya? Siapapun yang menyakiti hati kita, tetap harus dikasihi dengan kasih yang tulus dengan pengampunan. Sampai kapan bertindak begitu? Terus menerus. 

Matius 26:32-35 (TB)

32 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea." 33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." 35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lain pun berkata demikian juga. 

Petrus menyatakan tidak akan menyangkal Yesus, tapi Nubuatan Yesus bahwa ia akan menyangkal 3x sebelum Ayam berkokok.

Hari ini Tuhan Yesus juga bertanya sama kita: "Apakah kamu mengasihi Aku?"

Amin.

0 comments:

Posting Komentar