13 September 2022

13 September 2022



Salah satu sifat kehidupan manusia yang dibenci orang adalah kemunafikan. Apa yang kita benci salah satunya adalah orang munafik terhadap kita. Bagaimana kita sendiri?

Kita tidak sadar kita sendiri juga munafik. Tuhan Yesus menentang orang Farisi yang munafik. Kemunafikan dibenci Kristus. Di dalam ketulusan akan kita lihat kemenangan di dalam Tuhan.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8

Program Ke 385


"Orang-orang munafik"


Kemunafikan jarang kita jumpai di tempat-tempat kejahatan, tapi di Gereja banyak. Mengapa? Di penjara orang jahat berkumpul, mereka tidak perlu munafik. Di Gereja bersembunyi di balik "Haleluya", "Shalom", tapi hatinya benci dan dengki. Itulah seharusnya kita tulus dan berkat Tuhan akan mengalir.


Lukas 20:45-47 (TB)

45 Ketika semua orang banyak mendengarkan, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 

46 "Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan,

47 yang menelan rumah janda-janda dan yang mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka itu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat."


Ada orang yang suka menerima penghormatan seperti Ahli Taurat. Berbuat kejahatan, tapi pakai baju seperti orang yang terhormat.


Bagaimana pesan Tuhan tentang orang munafik:


1 Munafik senang mencari perhatian orang

Orang munafik tujuannya mencari perhatian dan penghormatan manusia. Jadi jika ia berbuat baik dengan memberi orang lain, itu tujuannya hanya untuk mencari penghormatan dan perhatian manusia. Tuhan tidak akan berikan berkat lagi buat mereka.

Banyak orang kelihatannya baik, beribadah taat, tapi kalau tujuannya orang itu untuk dipuji orang dan dihormati orang lain. Itu adalah kemunafikan. Orang munafik tidak sadar bahwa ia munafik. Ia merasa bahwa itu adalah perbuatan baik untuk orang lain, padahal sifatnya munafik. Perhatikan ciri munafik: jika orang lain tidak beri terimakasih atau apresiasi atas perbuatan kita, maka itu adalah kemunafikan. Orang tulus: Orang lain yang penting tertolong. ia sudah memberikan yang terbaik buat orang lain.


2 Bersembunyi di balik jubah jubah keagamaan

Artinya ia senang bersembunyi di balik kegiatan keagamaan atau rohani. Pakai kalung salib, sticker rohani, memberi persembahan, melayani, bicara haleluya, shalom, tapi perbuatannya sering membicarakan kesalahan orang lain, seringkali marah marah, kasar dsb. Ia menutupi kebusukan dirinya dengan tampilan yang indah. Seperti kuburan yang putih dari luarnya.


3 Orang munafik pasti terima hukuman yang berat

Orang munafik harus bertobat dan bereskan kemunafikan hidupnya. Orang munafik tidak akan punya tempat di dalam Kerajaan Surga. Ia selalu merasa dirinya tidak perlu bertobat. Betul ia baik tapi orang munafik motivasinya tidak benar. 

Orang munafik harus bertobat.


Amin.

0 comments:

Posting Komentar