24 September 2022

10 April 2009

Orang Percaya melakukan Perjamuan Kudus adalah bertujuan untuk:

1. Peringatan akan pengorbanan Kristus. 
- Anggur melambangkan Darah Kristus yang tercurah 
- Roti melambangkan Tubuh Kristus yang terpecah 

2. Persekutuan  Perdamaian dengan orang lain dalam 1 Kor 16:1-24
- Perjamuan adalah sarana berkumpul dan bersekutu jemaat mula-mula. Mereka saling membantu, melayani dan mendoakan satu sama lain. 

3. Alat Pemersatu
- Dengan penebusan Kristus atas dosa seluruh umat manusia, maka orang yang percaya disatukan kembali di dalam Persekutuan Allah dengan Umat-Nya. Perjamuan Suci memperingati persatuan Kristus dengan Jemaat-Nya itu. 

4. Alat mengingat Kasih Yesus
- Kita boleh saja melakukan kesibukan kita dalam keseharian kita, namun pada saat kita melakukan Perjamuan Suci, kita di 'reset' ulang dengan Memperingati Kristus dan Pengurbanan-Nya di Kayu Salib demi membebaskan kita. Hubungan kita yang renggang dipulihkan kembali. 

5. Kuasa kesembuhan 1 Ptr 1:1-24 - Lazarus dibangkitkan Yoh 11:1-44
Kematian, kebangkitan dan kenaikan Kristus adalah satu bukti bahwa kematian dan maut sudah ada di tangan Kristus. Sehingga setiap orang sakit yang datang kepada-Nya akan disembuhkan, yang mati akan di bangkitkan. Kuasa-Nya mengatasi segala-galanya. 

6. Alat Koreksi hati kita sesuai Firman Tuhan
Pada saat kita mengambil Tubuh dan Darah Kristus untuk kita makan, otomatis sebelumnya kita harus berlutut dan tersungkur di Hapadan Takhta Allah Yang Maha Tinggi. Segala dosa dan kejahatan harus kita akui dan kita pohonkan pengampunan-Nya. Itulah saat kita disucikan kembali. 

7. Alat mengucap syukur Mat 26:27
- Tidak ada keindahan hidup yang melebihi apapun, selain dari kemerdekaan hidup terbebas dari Maut Neraka. 
Pada saat Perjamuan Suci, kita mengucap syukur atas kebaikan dan pengurbanan hidup-Nya bagi kita. Otomatis kita akan menjauhi segala kejahatan. 

8. Alat agar diberkati 1 Kor 10:16
- Allah dalam Kristus Yesus semenjak semula, bahkan sebelum Alam Semesta ini diciptakan, Ia sudah mengenal kita. Ia sudah merancang kita, bahkan sudah menetapkan jalan-jalan kita. Jadi Kristus yang telah menang di Kayu Salib, telah mengembalikan kita ke Rancangan Agung Allah yang semula itu. 

9. Alat agar berani bersaksi kepada orang lain
- Ditebus sudah, diselamatkan sudah, diangkat jadi anak Allah sudah, diberkati sudah, kini saatnya kita bekerja bagi Kristus. Saatnya kita bersyukur pada Allah dengan cara menceritakan Kabar Baik Karya Keselamatan Allah bagi Manusia ini kepada semua orang yang belum pernah mendengarnya. 

Kesimpulan:
- Perjamuan Kudus adalah kunci kedekatan orang percaya dengan Kristus Sang Maha Pencipta. 

0 comments:

Posting Komentar